SELAMAT DATANG DIWEBSITE RESMI SMPN 1 AMUNTAI UTARA

5 Februari 2013

Verifikasi Data Guru Online


Pencatatan data guru dengan sistem online yang dimulai tahun 2013 ini menimbulkan tanggapan beragam di kalangan guru. Bagi guru yang belum mendapatkan sertifikat perogram sertifikasi guru, ditanggapi dengan biasa-biasa saja. Namun bagi guru yang sudah mendapatkan
sertifikat, sedikit banyak menimbulkan kegalauan. Betapa tidak, katanya Penetepan SK penerima tunjangan profesi , didasarkan pada data guru online tersebut. Boleh jadi jika tidak memenuhi apa yang
dipersyaratkan oleh pemerintah, maka Nama guru yang bersangkutan sebagai penerima tunjangan profesi guru tidak tercantum namanya dalam SK penerima Tunjangan Profesi. Bikin galau bukan?

Data guru online adalah hasil dari pengolahan data guru lewat software Data Pokok Kependidikan (DAPODIK) yang ada di Direktorat P2TK Dikdas. Lewat software ini semua data guru di input oleh sekolah masing-masing sesuai petunjuk yang ada. Kemudian di upload melalui aplikasi pendataan Pendidikan ke server pusat Dapodik secara online.

Para guru diminta untuk mengecek kebenaran atau memverifikasi data yang sudah di kirim tadi. Jika ternyata masih belum sesuai dengan keadaaan sebenarnya, diminta untuk memperbaiki lewat Dapodik sekolah masing-masing lalu menguploadnya kembali. Verifikasi data oleh server atau operator akan dieksekusi setelah beberapa hari kemudian.

Berikut ini cara untuk melakukan verifikasi data oleh guru :
1.      1. Kunjungi website http://p2tkdikdas.kemdikbud.go.id
atau juga bisa langsung klik di sini untuk lebih cepat
2
                                       Silakan Bapak/Ibu login di sini                          





    2. Kemudian memasukkan 16 digit NUPTK dan password. Password diambil dari data kelahiran dengan format yyyybbtt. Contoh : data kelahiran 14 Agustus 1980 maka passwordnya menjadi 19801714. Jika login dengan benar maka akan muncul tampilan kolom seperti ini :

Tampilan Data Online Bapak/Ibu









      3. Silakan Bapak/Ibu untuk mengamati semua datanya. Beberapa kemungkinan bisa saja terjadi. Yang paling fatal adalah tidak bisa login. Biasanya NUPTK di Dapodik belum diisi, atau jika sudah diisi ada terjadi kesalahan dalam menginput datanya. Oleh karena itu pastikan input NUPTK di Dapodik benar. 

S   Setiap data yang ada maka guru yang bersangkutanlah yang paling mengetahui kebenaran data tersebut. Oleh karena itu guru hendaknya memahami dari data online ini, karena sangat berhubungan dengan  profesinya. Demikian cara untuk melakukan verifikasi data online Bapak/Ibu Guru, semoga ada manfaatnya. Amiin.
     
Share:

0 comments:

PENGUMUMAN

- DOKUMENTASI PENGUMUMAN KELULUSAN BISA DIDOWNLOAD DIPOSTINGAN

- SULINGJAR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERTANGGAL 11-20 AGUSTUS 2022

Translate