SELAMAT DATANG DIWEBSITE RESMI SMPN 1 AMUNTAI UTARA

21 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru (UKG) Online

Sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan pendidikan, guru memiliki peran yang sangat penting di dalam mencerdaskan anak bangsa. Harapan sangat besar disandarkan di pundak guru. Label guru profesional menuntut guru untuk tampil sebagai guru yang benar-benar bisa menjadi panutan, memiliki sejumlah kemampuan (baca : kompetensi) sebagai prasyarat guru profesional.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah
pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Adanya kebijakan pemerintah untuk melakukan tes uji kompetensi guru baik secara online maupun manual adalah dalam rangka pembinaan terhadap guru untuk bisa menuju guru yag profesional. Meskipun adanya UKG ini disikapi beragam oleh kalangan guru. Berbagai respon diberikan mulai dari biasa-biasa saja sampai ada kekhawatiran akan berdampak kepada tunjangan profesi guru. Dan hal yang demikian adalah sebuah kewajaran. 

Dengan adanya UKG bisa memberikan peta kompetensi yang dimiliki guru untuk kemudian diambil langkah-langkah kebijakan untuk pembinaan dalam meningkatkan profesionalisme guru .Artinya UKG bukan merupakan resertifikasi, atau uji kompetensi ulang dan UKG bukan juga ditujukan untuk memutus tunjangan profesi.(Syawal Gultom, Kepala BPSDMPK-PMP). Ini tentu hal yang sangat benar, karena sejatinya seorang guru harus dilihat dari berbagai aspek tidak dari apa yang tertulis sebagaimana hasil yang tertera dalam UKG nantinya.

Nah, agar para Bapak/Ibu guru tidak kaget bagaimana UKG online tersebut maka ada baiknya untuk mengetahui segala informasi yang berhubungan pelaksanaan UKG online. Untuk itu Bapak/Ibu guru dapat mengunjungi link di bawah ini :

1. Uji Kompetensi Guru ( link resmi kemdikbud nasional)
2.  Vedeo software UKG Online
3. Latihan Menjawab Soal UKG Online dengan tampilan resmi 
Try Out UKG Online Terbaru Versi Final
5. Download Kisi-Kisi UKG Online (link resmi Kemdikbud Nasional)
6. E-Kinerja Guru
7. Tampilan Interface/Antarmuka UKG Online

Apapun yang dilakukan pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional untuk meningkatkan kinerja guru, maka semua itu diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kualitas peserta didik sebagai generasi penerus bangsa. Semoga.....

Share:

0 comments:

PENGUMUMAN

- DOKUMENTASI PENGUMUMAN KELULUSAN BISA DIDOWNLOAD DIPOSTINGAN

- SULINGJAR GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERTANGGAL 11-20 AGUSTUS 2022

Translate